Pentingnya menumbuhkan jiwa Wirausaha bagi Generasi Muda Bali


I MADE ARTAWAN
DOSEN FE UNWAR

Zaman yang semakin berkembang ini menuntut kita untuk lebih tanggap dalam beradaptasi dengan masyarakat sosial. Perkembangan teknologi, sosial, bahkan ekonomi sangat berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan hidup. Namun, angka pengangguran semakin meningkat tiap tahun menjadi hambatan bagi pertumbuhan ekonomi.

Menurut Badan Pusat statistik mencatat bahwa angka pengangguran lulusan universitas mencapai 360 ribu orang. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang ini para lulusan sekarang tersebut tidak bisa hanya mengandalkan ijazah tetapi juga harus mempunyai kompetensi juga.

Apalagi saat ini perusahaan semakin selektif dalam memilih karyawannya karena persaingan yang semakin ketat dan mendunia. Dewasa ini bukan hanya tentang ijazah tetapi kompetensi apa yang dimiliki oleh calon tenaga kerja. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menumbuhkan jiwa wirausaha kalangan anak muda khususnya di Bali. Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. selengkapnya..Download

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: