BAPPSIK Unwar Hadir untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0


3 Mei 2018

DENPASAR, POSBALI.ID – Era Revolusi Industri 4.0 menuntut adanya pelayanan berbasis teknologi informasi yang kuat. Untuk itu, Universitas Warmadewa (Unwar) berinisiatif membangun biro tersendiri yang membidangi pelayanan informasi dan komunikasi. Dari ide tersebut, maka di tahun 2016 dibentuklah Biro Administrasi Perencanaan Pengembangan Sistem Informasi dan Komunikasi (BAPPSIK) Unwar. Biro yang didaulat sebagai corong Unwar tersebut membawahi tiga bagian unit, meliputi Bagian Teknologi dan Informasi, Bagian Kehumasan dan Protokol, dan Bagian Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama.

“The Fourth Point Zero Industrial Revolution ini diwarnai oleh kecerdasan buatan, era super komputer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi, dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial yang akan mengakibatkan dampak terhadap ekonomi, industri, pemerintahan, politik. Karenanya semua pihak harus siap, apalagi perguruan tinggi,” ungkap Kepala BAPPSIK Unwar, I Made Artawan, SE, MM beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan sistem informasi merupakan hal serius yang ditangani jajaran rektorat di bawah kepemimpinan Prof. Dr. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E, Sp.Par (K). Pihaknya pun membuat sistem informasi bernama Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIM-T) yang menjadi salah satu pangkalan data perguruan tinggi di Unwar.

“Akses internet adalah tulang pungung dari semua aktivitas, baik proses pembelajaran maupun layanan administrasi kepada stakeholders. Untuk itu Rektor mengambil kebijakan untuk menaikkan bandwith dari 80 Mbps menjadi 150 Mbps per 1 Januari 2018,” jelasnya.
Dengan penerapan teknologi tersebhg, segala macam kegiatan administrasi seperti pembayaran SPP, pengambilan SKS, pendaftaran wisuda, KKN, input KRS, jadwal kuliah online, penerimaan mahasiswa baru, dan lainnya telah dilakukan secara online.

Dijelaskan, SIM-T tersebut mencakup sistem informasi akademik yang berisi data-data tentang mahasiswa seperti nilai mahasiswa, sistem informasi kemahasiswaan yang diantaranya berisi data mahasiswa dari mana saja, berapa jumlah mahasiswa, termasuk sistem keuangan yang sudah berbasis pada kinerja serta inventarisasi sarana prasarana.

Kepala Bagian Teknologi dan Informasi Unwar, I Putu Sudiarta, SE. MM yang turut hadir mengatakan bagian TI Unwar tengah merancang perubahan untuk menyempurnakan. “Suatu sistem tidak akan sempurna, sehingga harus ada pengembangan. Kecepatan internet kantor sudah 150 Mbps, sudah microcip sistem. Kami juga sedang mendaftarkan setiap mahasiswa yang telah lulus di Porlap Dikti,” katanya.

Selanjutnya Kepala Bagian Kehumasan dan Protokol Unwar, Dr. Agus Darma Yoga Pratama, SS, M.Hum mengatakan pihaknya memiliki dua tupoksi yang telah dimaksimalkan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman, yaitu kehumasan dan protokol. “Bagian Kehumasan saat ini kami tengah berupaya menyelamatkan sejumlah foto yang mengandung nilai sejarah yang tidak terawat, sudah kami rangkum sebanyak 11 ribu lebih foto dari 1984,” ucapnya.

Bagian Kehumasan dan Protokol Unwar juga telah melakukan peliputan pada setiap kegiatan di lingkungan Unwar, kemudian diunggah ke website universitas, medsos seperti (Facebook dan Instagram). Selain itu pihaknya juga merekam segala bentuk publikasi media, baik cetak (dalam bentuk klipping) maupun media elektronik yang akan diunggah di YouTube Universitas Warmadewa.

“Di bidang protokol kami mengatur tentang tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara sehingga kegiatan yang berskala lokal, nasional, dan internasional dapat berjalan baik,” imbuh doktor jebolan Linguistik Unud itu.

Di sisi lain Kepala Bagian Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama, drh. Mippy Sadarukmi Winten mengatakan Unwar telah menjalin sejumlah kerjasama dengan seluruh pemerintah kabupaten/ kota, dan sejumlah universitas. “Kerjasama di bidang industri kami juga telah melakukan dengan berbagai pihak terkait dan ada 11 industri. 5 kerjasama dengan pemerintah dan 11 kerjasama dengan perguruan tinggi,” katanya. eri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: